Goa Sriti

Di Kemacatan Wonosalam memang kaya akan keindahan alam maupun peninggalan sejarah yang menjadi tujuan wisata. Karena selain Goa Sigolo-Golo, ada pula Goa Sriti yang terletak di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Sama seperti Sigolo-Golo, yang membuat menarik dari goa ini harus melalui jalan yang sangat panjang dan berliku. Tetapi Goa Sriti relatif mudah ditempuh karena pengunjung harus berjalan ke bawah dengan jalan yang dilalui tidak begitu panjang dengan kawasan hutan yang hijau nan alami, dan sesekali melewati pematang sawah penduduk yang banyak ditumbuhi pohon jati maupun pisang.

Tentang nama, belum ada sumber yang jelas mengapa goa ini dinamai Goa Sriti. Meski demikian, daya tarik goa ini tidak kalah dengan goa yang lain. Menurut berbagai cerita, konon goa ini adalah tempat semedi para petinggi Kerajaan Majapahit, sekaligus tempat persembunyian atau ‘nyepi’ dari keramaian kota Majapahit.

Secara bentuk, goa ini lebih lebar dan panjang dari Goa Sigolo-Golo, Goa Sriti lebih cekung kedalam dan di dinding atasnya mengalir air yang gemericik dan mempesona.

Saat ke dalam Goa Sriti, sangat cocok untuk tempat istirahat para pengunjung yang lelah setelah berjalan, apalagi bercuci muka di gemericik air dari dinding goa, sungguh menyegarkan. (*)

0 Response to "Goa Sriti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel