SMPN 1 Jombang, Tak Pernah Sepi Ukir Prestasi

harianjombang.com - Upaya membangun generasi yang unggul dan berprestasi, dengan menyeimbangkan Imtaq selaras dengan perkembangan Iptek, menjadi pola dasar SMP Negeri 1 Kabupaten Jombang dalam melakukan proses pendidikan. Ditambah, inovasi strategis pembelajaran dengan mengembangkan bagan dan pusat sumber belajar, yang didukung oleh tenaga pendidik yang profesional dan kualifikasi kompetensi, menjadikan SMPN 1 Jombang tak pernah sepi mengukir prestasi baik akademis maupun non akademis.

Pengembangan potensi anak didik di sekolah yang berlokasi di selatan Alon-alon Jombang ini, menurut Kepala SMPN 1 Jombang, H Sulaikan SPd SH MSi, merupakan hal utama dalam peningkatan mutu anak didik. Selanjutnya akan tercipta output yang mumpuni sesuai dengan kemampuan individu. "Setidaknya, tenaga pendidik melakukan proses pembelajaran yang bermakna kepada anak didik dengan dukungan fasilitas pendidikan yang memadai. Dari sini, maka potensi yang dimiliki setiap anak didik akan tergali. Kemudian, anak didik akan lebih nyaman dan mudah memahami terhadap akademik pada setiap proses pembelajaran yang dilakukan," tutur Sulaikan.

Disamping akademik, lanjut Sulaikan, potensi anak didik juga akan terbangun dari kegiatan ekstrakurikuler yang setiap hari dilaksanakan. Seperti olahraga, kesenian, pramuka, PMR, teknologi informasi, dan lainnya. "Penyaluran potensi non akademik atau bakat setiap anak didik terfasilitasi di sekolah ini. Setiap anak didik bisa berkonsultasi terlebih dulu kepada guru atau konselor terkait bakat yang dimilikinya, dan selanjutnya direalisasikan," lanjutnya kepada Jagad Pos.

Waka Bidang Kesiswaan SMPN 1 Jombang, Lilik SPd menjelaskan, prestasi yang diukir siswa-siswi SMPN 1 Jombang selama tahun pelajaran 2011/2012, sangat berarti baik bagi siswa maupun bagi sekolah. "Kami mengapresiasi atas keberhasilan siswa-siswi dalam memenangi setiap perlombaan. Karena hal ini juga mengharumkan nama sekolah. Dan ini semua berkat dukungan dan partisipasi yang tiada henti dari komponen pendidikan di SMPN 1 Jombang," katanya.

Untuk informasi, beberapa prestasi akademik SMPN 1 Jombang yakni Juara I lomba story telling (FLS2N) se-Kab. Jombang, Juara I story telling dan Juara 2 speech contest se-Kab Jombang di SMKN 2 Jombang, yang semuanya diborong oleh Moch Risky Setiawan. Selain itu, Juara III lomba esay lingkungan se-Kab Jombang yang disabet Arsy Themia Udin R dan Indri Dwi S.

Sementara prestasi non akademik diukir oleh Mifta Amirudin yang berhasil menyabet Juara I lomba atletik lari 100 m se-Kab Jombang dan se-Jatim (Unesa open cup). Juara I lomba mading competition se-Kab Jombang yang diukir oleh Armanda B, Surya Indah P, dan Lubna A’yunun S. Juara II mading competition se-Kab Jombang oleh Selvira Pratiwi, Imaniar R, Septin, dan Grahaningtyas. Juara III desain motif batik (FLS2N) se-Kab Jombang oleh Yusria Izza Fahmi. Juara II lomba lukis pot daur ulang se-Kab Jombang oleh Imaniar R dan Juara III pada lomba yang sama oleh Yusria Izza Fahmi. Juara II, III dan Juara Harapan I lomba fashion show SMP/MTS se-Kab Jombang, masing-masing diukir oleh Helen Dinasty A, Meydiana, dan Amalia.

Juara I renang tingkat OOSN se-Kab Jombang oleh Iqbal, Juara I dan III karate tingkat OOSN se-Kab Jombang, masing-masing oleh Nurina, dan Mario Gunawan. Juara II bulu tangkis tingkat OOSN se-Kab Jombang oleh Moh Labib Siena. Dan tim sepakbola SMPN 1 Jombang ini pernah menjadi juara II sepakbola se-Kab Jombang dalam turnamen MKKS Cup. (rief)

0 Response to "SMPN 1 Jombang, Tak Pernah Sepi Ukir Prestasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel