SMK Sultan Agung 2, Cetak Generasi Terampil dan Ahli



harianjombang.com - Melaksanakan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia usaha / dunia industri dan ketenaga kerjaan, serta melaksanakan pendidikan praktis yang langsung dapat diamalkan dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan bagian dari misi Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK) Sultan Agung 2, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang. Dibawah naungan Yayasan Unhasy, SMK yang memiliki visi "Handal Adaptif Berlandaskan Keislaman dan Kemandirian" ini, tiap tahunnya mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik jumlah siswa-siswi maupun pemenuhan sarana dan prasarana sebagai penunjang proses belajar mengajar.

Terbukti, sarana dan prasarana yang dulu masih bergabung dengan salah satu perguruan tinggi yang masih satu yayasan, yakni IKAHA, saat ini telah membangun sarana pendidikan berlantai dua, yang berlokasi di barat pertigaan Kec. Diwek, Jombang. Secara kuantitas, SMK Sultan Agung 2 ini memiliki sekitar 450 siswa, dan didukung sebanyak 34 tenaga pengajar profesional di bidangnya.

Menurut Sulikan SPd, Kepala SMK Sultan Agung 2, beberapa program unggulan yang bergulir di SMK yang memiliki jurusan Akuntansi dan Administrasi Perkantoran ini diantaranya, Pendidikan Sistem Ganda (PSG) atau Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang dilaksanakan sejak kelas I, yang juga mencakup bidang Administrasi Pendidikan pada Instansi sekolah, Dinas Pendidikan dan sebagainya. Selain itu, pengembangan kemampuan berbahasa asing (Bahasa Arab dan Inggris) dengan program Conversation. Melalui program ini diharapkan siswa mampu mengaplikasikan bahasa internasional lebih cepat.

Selain kedua program tersebut, juga terdapat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (Komputerisasi) berbasis Internet Networking, hal ini agar siswa-siswi mampu menyerap informasi dan teknologi yang semakin cepat, akurat dan up to date.  Selanjutnya, pelatihan (kursus) tata boga. Program ini dimaksudkan untuk memberi ketrampilan dibidang tata boga / catering. Melalui program ini diharapkan siswa-siswi memiliki ketrampilan yang kelak bermanfaat di masyarakat, dan mampu mengembangkan wirausaha dibidang tata boga. Selain tata boga, juga Pelatihan (kursus) tata busana. Program ini dimaksudkan agar para siswa mempunyai kecakapan membuat atau merancang baju atau busana muslim. Karena Kabupaten Jombang merupakan basis pondok pesantren putri sebagai pasar dari produk program ini. Disamping itu, juga terdapat pelatihan tata rias. Program ini dimaksudkan agar para siswa mempunyai keahlian dan kecakapan dalam merias diri sendiri dan orang lain, yang dapat juga dipraktekkan dalam jasa rias pengantin muslimah.

"Benar, disamping pemenuhan pendidikan kepada anak didik sesuai jurusan masing-masing, SMK Sultan Agung memiliki program pendidikan unggulan yang diikuti seluruh siswa. Tentu semuanya beracuan pada potensi  masing-masing anak didik. Melalui program-progran unggulan itulah, anak didik diharapkan memiliki keterampilan yang kelak bermanfaat," papar Sulikan SPd.

Menurut Sulikan, kiranya tepat jika pasca menempuh sekolah lanjutan pertama (SMP) menjatuhkan pilihan untuk mengenyam pendidikan di SMK. Disamping tersedianya kurikulum pendidikan sesuai pendidikan nasional, di SMK juga akan mendapatkan keahlian atau keterampilan. Keahlian dan keterampilan itu dimaksudkan untuk meminimalisir angka pengangguran yang tiap tahun meningkat tajam. Salah satu penyebabnya adalah terbatasnya ketersediaan lapangan pekerjaan. "Dengan memiliki keahlian dan keterampilan yang didapat di SMK, lulusan (output) SMK Sultan Agung 2 bisa mewujudkan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru, disamping siap menjadi tenaga ahli di dunia kerja atau dunia industri tertentu," ujarnya. (rief)

0 Response to "SMK Sultan Agung 2, Cetak Generasi Terampil dan Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel