Punden Mbah Gondo Kusumo



HarianJombang - Bentangan area persawahan di Desa Japanan, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, begitu menggoda mata untuk dinikmati. Maklum saja, penduduk desa setempat mayoritas adalah petani.

Yang menarik di sini, saat kita melintas dari arah pertigaan desa Blimbing menuju pasar Gudo, tentu akan menemui punden (makam). Sekitar 500 meter di sisi selatan jalan, punden tersebut berdiri di tengah-tengah area sawah. Di sekitar punden, berdiri dua pohon sangat besar, salah satunya pohon beringin.

Ya... punden itu adalah makam Mbah Gondo Kusumo. Bagi masyarakat desa Japanan, nama Mbah Sentono, begitu nama lain Mbah Gondo Kusumo ini, tidaklah asing. Karena, beliau merupakan orang pertama "babat alas" desa Japanan.

Untuk mencapai ke lokasi punden, kita harus memutar melalui jalan desa. Sekitar 100 meter dari jalan utama, kita harus melewati pematang sawah. Beberapa meter, jalan sudah dibangun dengan cor, dan selanjutnya masih berupa tanah.

Ifa (31), warga desa setempat, menuturkan jika makam Mbah Gondo Kusumo ini kerap didatangi banyak orang, baik dari Jombang sendiri maupun dari luar Jombang. "Kalau maksud kedatangan mereka sih beragam, baik itu ritual, atau mengunjungi dan menghormati yang babat alas desa ini, sekaligus mendo’akan orang yang sudah lebih dulu meninggal," tuturnya, Ahad, (07/03/2013).

Selain itu, lanjutnya, punden Mbah Gondo Kusumo ini, menjadi pusat kegiatan sedekah desa yang merupakan adat istiadat desa Japanan. "Kegiatan itu hanya adat istiadat, dan merupakan sarana untuk menghormati atau mendo’akan beliau, karena beliau sangat berjasa untuk desa ini," ujarnya.

"Kalau meminta sesuatu, misalkan rezekinya bertambah, atau meminta apapun, tetap meminta kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," tegas Ifa.

Dia juga menceritakan jika sisi mistik masih bagitu kental di punden tersebut. Beberapa kejadian ganjil atau tidak bisa dinalar oleh akal manusia, kerap terjadi dan menimpa orang yang bertandang di makam tersebut. "Mungkin karena niatannya yang tidak tepat, atau buruk," katanya. (rief)

1 Response to "Punden Mbah Gondo Kusumo"

  1. SURAKARTA atas bantuan KI.
    kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuanKI SURAKARTA pula yang telah memberikan
    angka ritual kepada saya yaitu 4 angka dan alhamdulillah langsung tembus. sekali lagi makasih ya KI karna
    waktu itu saya cuma bermodalkan uang 300 ribu dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual KI SURAH KARTA
    saya sudah bisa buka usaha yaitu BENKEL MOBIL/MOTOR dan TOKO SEMBAKO kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari
    sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS KI SURAKARTA di nomor hpnya: 085_342_734_904 ramalan KI memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin tembus.,say assalamualaikum wr.wb a ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada KI

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel