Masyarakat Desak Evaluasi Penyaluran Raskin

harianjombang - Masyarakat mendesak Pemkab Jombang untuk mengevaluasi penyaluran beras bagi keluarga miskin (raskin), pasalnya, mutu beras raskin yang diterima masyarakat sangat jelek dan dikeluhkan. Seperti kondisi di tiga wilayah yakni Desa Watugaluh Kec. Diwek, Desa Rejo Agung, Kec. Ploso, serta Desa Losari, Kec. Ploso.

Sunarto, seorang tokoh masyarakat Kec Diwek mengaku jika masyarakat penerima raskin mengeluh karena mutu beras yang diterimanya sangat jelek. “Kalau ini tidak segera dievaluasi, penyaluran raskin akan dikeluhkan lagi oleh penerima di desa lainnya. Jika Bulog dan rekanan pemenang tender tetap ngotot menyalurkan raskin jelek, eksekutif harus memberi sanksi ganti rugi atau mencoret rekanan tadi dan tidak boleh ikut tender raskin tahun depan,” katanya, Jumat (29/6).

Solikin Rusli, anggota DPRD Kab Jombang dari PKB, mendukung langkah warga meminta eksekutif mengevaluasi penyaluran program raskin, mengingat banyaknya keluhan. Anggota Komisi A DPRD Kab Jombang ini meminta, raskin yang bermutu jelek itu mulai bulan ini diminta jangan sampai lolos ke masyarakat. Karena hal itu bisa membuat penerima raskin kecewa. 

Meskipun harganya Rp 1.600 per kg, ditambah subsidi pemerintah sebenarnya harga beras raskin sesuai dengan harga beras di pasaran. “Makanya, kami berharap lembaga dan rekanan yang menangani raskin jangan gegabah,” katanya.

Bupati Jombang, Drs H Suyanto MMA mengatakan, pihaknya merespon aspirasi warga dan DPRD kab. Jombang untuk mencari format yang lebih baik dalam penyaluran raskin agar mutunya semakin bagus, dan penyalurannya tepat sasaran dan waktu. 

Sementara itu, Kepala Gudang Bulog Tunggorono, Kab Jombang, Imam Safii, mengatakan, pihaknya tidak keberatan jika Pemkab Jombang hendak membahas kembali  masalah ini. Selain itu, Bulog selalu bertindak cepat merespon keluhan warga soal  raskin. “Begitu kami dapat keluhan dari warga, kami langsung cek. Jika raskinnya jelek, langsung kami ganti dengan yang bagus,” katanya. (sp/rif)

0 Response to "Masyarakat Desak Evaluasi Penyaluran Raskin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel