Pemilukada Jombang 2013, PAN Usung Ali Fikri

harianjombang - Kendati pemilukada Jombang masih tahun depan, namun sejumlah partai sudah mulai "menimang calon". Salah satunya adalah PAN (Partai Amanat Nasional). Partai bergambar matahari ini secara resmi mengusung Ali Fikri, mantan Wabup Jombang 2003-2008.

Kepastian itu dilontarkan oleh HM Salim Munir, Wakil Ketua DPD PAN Jombang. "Setelah melakukan pembahasan intens, PAN bersikap tegas yakni mengusung Ali Fikri dalam ajang pemilukada. Meski kita belum menentukan Pak Ali Fikri sebagai calon bupati atau wakil," kata Salim, Senin (25/6/2012).


Salim menjelaskan, PAN Jombang sudah bertekad melakukan tri sukses. Yakni, sukses pemilukada, sukses pemilu legislatif, serta sukses pemilihan presiden (Pilpres). Untuk Pilpres, PAN Jombang juga siap mensukseskan Hatta Rajasa merebut RI-1. "Ini sudah kesepakatan partai, dan kami siap untuk mewujudkannya," ujar Salim.


Untuk merealisasikan program tri sukses tersebut, kader-kader PAN tidak hanya berpangku tangan. Menurut Salim, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi. Semisal, seluruh kantor PAN di tingkat kecamatan diberi gambar Hatta Rajasa dan Ali Fikri.


Meski demikian, Salim menyadari bahwa PAN Jombang tidak memenuhi syarat untuk mengusung calon dalam pemilukada. Pasalnya, partai bergambar matahari itu hanya menempatkan empat wakilnya di DPRD Jombang. Padahal, untuk bisa mengusung calon harus mempunyai minimal delapan kursi.


Oleh karena itu, lanjut Salim, PAN terus melakukan lobi-lobi politik dengan partai lainnya. "Komunikasi politik dengan partai lain juga terus kita lakukan. Karena kita menyadari bahwa PAN hanya mempunyai empat kursi di DPRD Jombang. Padahal, agar bisa mengusung calon bupati, maka harus mempunyai minimal delapan kursi," katanya.


Salim mengungkapkan, meski jarang tampil di publik, saat ini Ali Fikri masih menjabat sebagai Ketua MPP (Majelis Pertimbangan Partai) PAN. Ali Fikri juga pernah menjabat Bupati Jombang selama satu tahun, yakni tahun 2008. Ia menggantikan Bupati Suyanto yang mundur karena mencalonkan kembali dalam pilkada.


Sebelumnya, adik kandung dari aktivis UPC (Urban Poor Consortium) Wardah Hafidz ini menjabat sebagai Wakil Bupati Jombang mulai tahun 2004. "Jadi Pak Ali Fikri merupakan kader PAN yang sangat layak untuk bertarung di ajang pilkada Jombang," pungkas Salim. (
bj/rif)

0 Response to "Pemilukada Jombang 2013, PAN Usung Ali Fikri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel