Safari Ramadhan Anas Urbaningrum di Jombang

harian jombang - Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Anas Urbaningrum, bersama Sekjen Edi Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengikuti shalat tarawih di Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Jombang, Kamis (9/8/2012) malam. Dua petinggi PD tersebut khusuk mengikuti tarawih sebanyak 23 rakaat.

Kedatangan Anas dan Ibas ke Ponpes Darul Ulum merupakan rangkaian Safari Ramadhan yang digelar DPP Partai Demokrat selama 4 hari (8-11 Agustus 2012). Untuk di Jombang, sebelum ke Ponpes Darul Ulum, rombongan sebanyak 3 bus itu berkunjung ke Ponpes Tebuireng untuk berbuka puasa bersama.

Saat di Ponpes Tebuireng, Anas Urbaningrum meminta kadernya banyak melakukan silaturrahmi, utamanya kepada para ulama. "Silaturahmi merupakan energi guna membangun dan meningkatkan kinerja partai," kata Anas.

Anas mengatakan, dipilihnya Tebuireng sebagai salah satu kunjungannya, karena dari Pesantren Tebuireng ini telah melahirkan generasi yang telah membuat maju Indonesia seperti sekarang ini. "Semoga dari Tebuireng ini bisa meningkatkan militansi kader demokrat," ujarnya.

Menanggapi hasil survei yang anjlok, Anas menanggapi bahwa hasil tersebut akan menjadi bahan evaluasi partainya kedepan. Kendati hasil survei bukan hasil final pemilu. Karenanya, lanjut Anas, untuk mengembalikan itu kader harus mendukung kinerja pemerintahan agar lebih baik dan memuaskan publik.

Anas optimis, jika evaluasi terus dilakukan, maka pada pemilu 2014 partai yang dipimpinnya pasti mendapatkan medali emas lagi. "Untuk itu, kami meminta kader demokrat memperbanyak silaturrohim dan meningkatkan komunikasi kepada rakyat," pinta Mantan Ketua Umum PB HMI ini.

Usai berbuka bersama dan shalat maghrib berjamaah, rombongan berziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) serta makam pendiri Pondok Pesantren Tebuireng, KH Hasyim Asyari. Setelah itu, mereka menabur bunga di pusara para tokoh nasional itu.

Setelah dari Tebuireng, rombongan Safari Ramadhan DPP Partai Demokrat langsung menuju Islamic Center Ponpes Darul Ulum, untuk melakukan shalat tarawih berjamaah. Anas dan Ibas berjajar di barisan paling depan.

Sebelum shalat witir, Anas mengatakan dalam sambutannya, kedatangannya ke Darul Ulum merupakan rangkaian Safari Ramadhan DPP Partai Demokrat yang digelar se Jawa-Madura. "Setahun yang lalu, kami tidak bisa silaturrahmi kesini, saat itu kami bersilaturrahmi dari hati ke hati dengan Gus Zuem (Drs. HM Zaimuddin W As'ad). Dan Ramadhan ini, niat untuk bersilaturrahmi di Ponpes Darul Ulum terpenuhi," kata Anas.

Anas juga mengaku sangat respek terhadap kiprah Ponpes Darul Ulum, karena Ponpes Darul Ulum selalu menghasilkan lulusan yang berkualitas. "Kontribusi Darul Ulum sangat besar terhadap bangsa ini," ujar Anas disambut aplaus jamaah tarawih.

Anas juga menekankan pentingnya sikap menghormati kepada sesama, "Dalam rangkaian Safari Ramadhan ini, kami menemui 3 model tarawih dan witir. Ada yang 11 rakaat dengan 4 rakaat salam dan witir 3 rakaat sekaligus, ada yang 11 rakaat dengan 2 salam. Dan 23 rakaat seperti disini. Dan semua itu punya dasar masing-masing. Tapi disini, speed nya lebih tinggi. Istilahnya mobil pakai pertamax dan dikawal patwal," gurau Anas sembari mengatakan, perbedaan-perbedaan itu bukan malah diperuncing, tapi hal ini bentuk khazanah Islam yang kaya.

Usai shalat tarawih, Anas dan Ibas serta didampingi Gubernur Jatim, Soekarwo singgah ke Asrama Hurun-Inn Darul'Ulum, yang merupakan kediaman Gus Zu’em, untuk temu kangen dengan Alumni HMI (KAHMI) Presidium Jombang.

"Kita harus terus bekerja keras dan selalu berkreasi untuk kemajuan bangsa ini," kata Anas.

Selain Anas dan Ibas, sejumlah pengurus DPP Partai Demokrat juga ikut dalam Safari Ramadhan tersebut diantaranya, Prof Subur BS, Melani Leimina, Saan Mustopha, Sartono Hutomo, Chotibul Umam Wiranu, H Nurul Komar, KH. Mustain Syafiie, dan juga sejumlah anggota DPR RI dari PD. (rief)

0 Response to "Safari Ramadhan Anas Urbaningrum di Jombang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel